Tips Agar Baterai Hp Android Awet Dan Tahan Lama

Agar Baterai Hp Tahan Lama - Memiliki ponsel dengan baterai yang cepat habis mungkin sangat menjengkelkan, sehari bisa ngecas 1-3 kali, selain itu saat keluar harus bawa-bawa powerbank yang berat dan ukurannya minta ampun. Namun jika anda ingin membeli ponsel terbaru dan berharap baterinya hemat maka pilih ponsel merek terekenal dan bukan cina, selain itu jika anda suka tablet dari pada ponsel ukuran kecil maka saya sarankan untuk memilih tablet karena memiliki baterai yang lebih tahan lama walaupun layar selalu on secara terus menerus.
A. Penyebab Baterai Hp Android Cepat Habis
Banyak sekali faktor yang menyebabkan baterai hp/ponsel menjadi cepat habis, mulai dari gaya pemakaian sampai dengan setting ponsel itu sendiri.
1. Baterai sering panas
Kinerja baterai lebih cepat menurun apabila sering terpapar suhu tinggi, entah saat perangkat sedang dipakai atau tidak. Karena itu, hindari menaruh ponsel di tempat-tempat yang berpotensi mengalami panas seperti laci dashboard mobil di siang hari. Apabila ponsel memanas saat sedang dipakai seperti saat bermain game, ada baiknya istirahatkan sejenak untuk menurunkan suhu.

2. Kecerahan layar terlalu tinggi
Komponen ponsel yang paling banyak mengonsumsi daya adalah layar, apalagi bila tingkat kecerahannya (brightness) diatur terlalu tinggi. Semua smartphone memiliki fitur pengendali kecerahan layar secara otomatis, namun pengaturannya tak selalu tepat. Nah, pengguna bisa mengatur sendiri tingkat kecerahan dengan mematikan opsi “auto” yang biasanya tersedia di samping slider brightness layar.

3. Tersambung Internet
Ponsel yang selalu terambung dengan internet maka baterai akan lebih cepat habis jika dibandingkan dengan ponsel yang tidak tersambung internet. Selain itu ponsel yang tersambung internet melalui sambungan wifi maka baterai akan lebih hemat dan baterai tidak cepat panas jika dibandingkan dengan ponsel yang tersambung internet lewat provider telekomunikasi.

4. Mode power saving tak dinyalakan
Sejak OS versi 5.0 (Lollipop), sistem operasi Android sudah menyertakan fitur penghemat baterai “power saving” yang akan diaktifkan saat kapasitas baterai mencapai angka 15 persen. Mode khusus ini mengirit pemakaian daya dengan mematikan animasi, sinkronisasi di background, dan mengurangi kecerahan layar. Meski seharusnya sudah aktif secara default, ada baiknya memastikan bahwa opsi untuk mengaktifkan power saving secara otomatis sudah terpilih.

5. Terlalu banyak widget
Widget yang ditaruh di homescreen memang berguna sebagai jalan pintas untuk menampilkan berbagai macam hal, tapi kalau terlalu banyak juga berpotensi memenuhi layar dan memboroskan daya. Periksalah widget mana yang tidak terlalu dibutuhkan, lalu non-aktifkan. Langkah ini seharusnya bisa sedikit membantu menghemat pemakaian baterai.

6. Aplikasi boros daya
Ada aplikasi yang bisa terus aktif di latar belakang, misalnya untuk memeriksa update atau notifikasi dari server dalam interval waktu tertentu. Contoh aplikasi yang memboroskan baterai seperti ini adalah Facebook.

Bagaimana cara mengetahui aplikasi mana yang memboroskan baterai? Mudah saja, cukup buka bagian “battery” di menu “settings” Android, lalu lihat “battery usage”. Di dalamnya ada grafik berisi sejarah pemakaian baterai perangkat semejak terakhir kali di-charge. Nah, di bawah itu terdapat daftar aplikasi mana yang paling banyak menyedot daya.

B. Tips Agar Bateri Hp Awet Dan Tahan Lama
Tips berikut ini bisa anda coba untuk membuat ponsel android anda lebih tahan lama dan tidak mudah ngedrop.
1. Matikan Syncronisasi
Cara agar baterai Android Awet yang terakhir adalah dengan cara mematikan syncrosinasi secara otomatis lewat menu "setting" lalu pilih menu "account and sync".

2. Matikan GPS
GPS menjadi salah satu faktor mengapa smartphone Android cepat habis. Jadi lebih baik matikan saja apabila Anda berada di dalam ruangan, dan tidak membutuhkan akses navigasi.

3. Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai
Cara kelima agar baterai smartphone Android tetap awet adalah dengan cara mematikan aplikasi yang tidak terpakai pada background processor. Caranya cukup mudah, Anda tinggal masuk ke menu setting lalu pilih "apps", selanjutnya ke "running service", dan tinggal memilih mana aplikasi yang tidak terpakai.

4. Turunkan Kecerahan Layar
Mengatur kecerahan layar sangat efektif untuk menghembat daya baterai HP Android. Semakin terang layar, maka semakin besar enegeri yang disedot. Terlebih apabila layar tersebut memiliki resolusi Full HD ataupun Quad HD.

5. Matikan Wi-Fi
Cara agar baterai smartphone Android awet dan tidak cepat habis yang ketiga adalah dengan cara mematikan konektivitas Wi-F pada saat berada diluar ruangan, dan lebih memilih memakai jaringan 3G ataupun 4G LTE. Cara ini sangat penting karena smartphone Android akan terus mencari sinyal Wi-Fi terdekat, sehingga otomatis akan terus mengurangi daya baterai cukup besar.

6. Jangan Memakai Live Wallpaper
Live wallpaper memang mempercantik tampilan smartphone Android yang sobat miliki. Namun wallpaper jenih ini akan menyedot bateria secara cepat, sehingga daya tahan baterainya akan berukuran.

Agar baterai smartphone Android Awet, lebih baik Anda memakai wallpaper statis atau tidak bergerak. Selain itu, lebih baik mengurangi pemakain widget yang tidak penting agar konsumsi daya baterai semakin rendah, dan dapat di alihkan untuk kebutuhan multimedia ataupun berkomunikasi.

7. Matikan Notifikasi
Menonaktifkan notifikasi menjadi satu langkah penting untuk menjaga agar baterai smartphone Android tetap awet. Pasalnya setiap notifikasi tidak penting seperti dari aplikasi ataupun game rata-rata terhubung dengan internet sehingga akan menyedot daya baterai secara signifikan. Jika perlu matikan mode getar agar.

Cara untuk menonakfitkan notifikasi juga terbilang mudah, cukup ke menu setting lalu pilih Apps, kemudian pilih aplkasi ataupun game yang tidak ingin Anda tampilkan notifikasinya, lalu pada bagian bawah hilangkan tanda centang “Show Notification“. Baca juga artikel lainnya: 10 Tips Agar Hp Android Tidak Lemot Dan Hang Saat Main Game.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar