Pengobatan Alami: Obat Kutu Air Tradisional Yang Ampuh

Pengobatan Kutu Air Di Kaki - Terkena kutu air di kaki memang sangat menjengkelkan, selain rasa gatal yang tak tertahankan, kutu air di kaki juga dapat mengakibatkan kulit pecah dan luka-luka yang pastinya akan terasa perih saat terkena air.

Untuk mengatasi kutu air bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, penggunaan obat kutu air atau menggunakan bahan-bahan tradisonal seringkali digunakan untuk atasi kutu air. Namun satu hal yang perlu anda lakukan untuk mencegah terkena kutu air kembali adalah selalu menjaga kebersihan kaki. Perlu anda ingin penyakit kutu berbeda dengan penyakit gudik atau scabies, karena gudik disebabkan oleh kutu atau tungau.
A. Tentang Kutu Air
Kutu air sendiri adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh gangguan jamur. Jamur ini dikenal dengan nama jamur dermatofit atau trikofiton. Jamur penyebab kutu air ini umumnya menyerang sela-sela jari kaki tapi juga dapat tumbuh di tempat lain seperti tangan dan pangkal paha.

Kutu air biasanya disebabkan karena kondisi udara yang terlalu lembab atau karena seringnya kaki terkena air. Namun tingkat sensitifitas kulit seseorang juga berpengaruh terhadap tumbuhnya kutu air di kulit.

B. Penyebab Kaki Terkena Kutu Air
Jamur penyebab kutu air adalah jenis yang sama dengan jamur yang menyebabkan penyakit kurap. Seseorang akan lebih mungkin terserang kutu air jika memakai kaus kaki yang basah atau bekerja dalam kondisi basah dan lembab. Risiko akan meningkat jika berkeringat banyak, memakai sepatu plastik berlapis, atau mengalami cedera kuku atau kulit. Baca Juga: Tangan dan Kaki Sering Berkeringat Jika seseorang yang sudah memiliki kutu air berjalan di lantai tanpa alas kaki, maka orang lain juga dapat terinfeksi dengan berjalan tanpa alas kaki di lantai yang terkontaminasi. Demikian pula apabila menggunakan kaus kaki, sepatu, handuk, atau sprei yang ia gunakan.

C. Pengobatan Alami Kutu Air
Salep kutu air dan cairan antiseptik seringkali digunakan untuk atasi kutu air. Cairan di dalam kutu air merupakan tempat yang disukai bakteri dan virus untuk berkembang biak. Oleh karena itu untuk mencegah infeksi berkembang lebih lanjut, guanakan krim anti septik atau salep kutu air. selain itu anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang ada didekat anda seperti

1. CukaCuka memiliki sifat asam, yang mana mampu membantu melawan jamur sekaligus menurunkan tingkat basa pada kulit, sehingga mampu menghambat penyebaran infeksi. Selain itu, cuka juga dapat menghambat kelembapan, yang mana menjadi salah satu alasan berkembang pesatnya jamur. Untuk cara penggunaannya sendiri cukup mudah, di mana Anda hanya perlu merendam area yang terkena mata kaki menggunakan baskom berisi air hangat bercuka dengan perbandingan 3 bagian air dengan 1 bagian cuka.

2. Gel lidah buaya
Gel lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang baik untuk membantu mengobati kulit yang lecet atau bengkak. Sehingga mengoleskannya di atas kutu air yang telah kempis baik untuk mencegah radang.

3. Yogurt
Yogurt mengandung bakteri baik bernama acidophilus yang aktif. Bakteri ini mampu secara efektif memerangi infeksi jamur, termasuk pada kutu air. Anda bisa mengoleskan secara langsung yogurt ke area yang terkena kutu air. Diamkan hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat. Keringkan dengan cara ditepuk menggunakan handuk bersih. Lakukan cara tersebut selama dua kali sehari dalam beberapa minggu. Anda juga bisa menggunakannya secara oral, dimana yogurt dikonsumsi pada pagi dan malam hari.

4. Air garam
Salah satu cara paling sederhana menyembuhkan kutu air yaitu dengan menggunakan larutan air garam. Larutan air garam hangat dikenal memiliki sifat anti jamur. Campur 2 sendok teh garam dalam baskom berisi air hangat dan rendam kaki selama 10 -15 menit setiap hari.

5. Bawang putih
Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa bawang putih memiliki kandungan ajoene, yang mampu menjadi antijamur alami dan agen antibakteri. Anda juga bisa mencampurkan bawang putih dengan cengkeh, yang mana cengkeh di sini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan dari infeksi jamur. Sedangkan untuk penerapannya, Anda bisa menggunakan cara topikal, yaitu langsung meletakkan ramuan ke area yang terkena kutu air.

D. Cara Mencegah Terkena Kutu Air
Untuk menghindari kutu air muncul kembali maka anda bisa melakukan beberapa perawatan kulit kaki berikut ini:
1. Gunakan bedak atau talc pada bagian kaki guna menghindari keringat yang menimbulkan kelembapan pada sela-sela kaki.

2. Jamur suka pada daerah yang lembap, jadi, jangan gunakan pelembap pada bagian kaki, jika Anda ingin menggunakan sepatu.

3. Jika Anda sedang melakukan aktivitas seperti gym atau berenang, usahakan untuk tidak bertelanjang kaki selama berada di area mandi atau ruang ganti. Karena seperti yang disebutkan di atas, lantai yang sudah terkontaminasi kutu air dapat membuat jamur menempel di kaki.

4. Pastikan untuk selalu mencuci handuk Anda secara teratur. Hindari juga berbagi penggunaan sepatu, handuk, atau bahkan kaus kaki.

5. Bantu kaki Anda bernapas dengan menggunakan sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti kulit. Lalu, jangan lupa untuk menggunakan kaus kaki berbahan katun.

6. Tidak hanya kaus kaki, sepatu juga perlu Anda ganti dalam beberapa hari.

7. Kebersihan kaki Anda adalah hal yang penting jika ingin terhindar dari kutu air. Oleh karena itu, ganti kaus kaki Anda setiap harinya, jangan gunakan kaus kaki yang sama dalam beberapa hari. Baca juga: Cara Menghaluskan Kulit Kaki Kasar Pecah-Pecah.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar