Manfaat Steam Atau Penguapan Wajah Untuk Kecantikan

RumahJerawat - Ingin memiliki kulit wajah selalu cantik dan cerah, maka kalian harus mencoba perawatan wajah yang satu ini, steam wajah atau menguapi wajah dengan uap air panas merupakan salah satu perawatan wajah yang banyak di tawarkan di salon-salon kecantikan, diyakini dapat mengatasi beragam masalah kulit mulai dari komedo, flek hitam, sampai kerutan wajah.

Steam wajah sebenarnya juga bisa dilakukan dirumah, dengan menggunakan bahan dan alat sederhana maka kalian bisa melakukannya setiap hari.
A. Tentang Steam Wajah
Steaming wajah adalah metode ampuh yang bisa membantu membersihkan wajah, terutama komedo. Prosesnya diawali dengan membiarkan uap membuka pori-pori, sehingga kotoran dapat dikeluarkan.

B. Manfaat Steam Wajah
Beragam manfaat dapat kalian peroleh dengan rajin melakukan steam wajah, berikut 9 manfaat steam wajah untuk wajah yang berhasil kami rangkum.
1. Mengatasi pigmentasi
Secara bertahap, steaming dapat berguna menangkal kulit yang mengalami pigmentasi. Tak hanya itu, steaming juga dapat mencerahkan warna kulit.

2. Menghilangkan garis-garis wajah
Steaming membantu menghilangkan tanda pada wajah. Proses ini melancarkan sirkulasi darah yang berkhasiat membawa nutrisi lebih pada kulit.

3. Menghapus noda pada wajah
Uap membantu memudarkan semua noda di kulit Anda karena akan meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi ke kulit Anda. Hal ini juga akan merangsang pertumbuhan sel baru dan menghilangkan sel-sel kulit yang sudah tua. Semua proses ini membantu untuk menghilangkan bintik-bintik pada wajah.

4. Menjaga kulit tetap muda
Setelah menginjak umur 20 tahunan, kulit mati tidak akan semudah dahulu untuk dihilangkan. Akibatnya, keriput dan kulit kusam akan lebih mudah muncul. Steaming adalah cara mudah untuk mengatasinya.

5. Mengurangi komedo
Minyak dan lemak yang terperangkap dalam folikel kulit adalah penyebab komedo dan steaming adalah cara mudah untuk mengurangi komedo tersebut.

6. Penyebab berkeringat
Keringat yang keluar saat proses steaming baik untuk mengeluarkan racun dan sel-sel kulit mati sehingga infeksi dapat lebih dicegah dan kulit lebih segar.

7. Baik untuk kulit jerawat
Steaming berguna untuk menghilangkan kulit mati, bakteri, dan kotoran yang memicu munculnya jerawat dengan membantu kulit lebih bernapas.

8. Mengeluarkan racun
Di antara manfaat kecantikan terbaik dari uap wajah adalah membantu kulit berkeringat. Keringat yang keluar akan membawa semua racun dan sel-sel kulit mati. Ini akan mencegah semua infeksi kulit dan membuat kulit Anda bersinar dan segar.

9. Kulit lebih bersinar
Sirkulasi darah yang lebih lancar akibat steaming dapat membuat asupan nutrisi dan oksigen pada wajah lebih banyak sehingga wajah tampak lebih bersinar dan sehat.

C. Jenis-Jenis Steam Wajah
Steam wajah tidak mulu hanya dengan uap air yang dipanaskan, cara lain steam wajah juga bisa kalian coba misalnya dengan setrika wajah dan herbal steaming.
1. Mandi air hangat
Nah, kalau steaming wajah yang paling murah sebenarnya adalah saat mandi shower dengan air hangat. Umumnya uap yang dihasilkan air hangat akan tetap tinggal di dalam kamar mandi. Dan uap inilah yang bisa Anda manfaatkan menguapi wajah. Tetapi jangan lupa untuk menutup kembali pori dengan membasuh wajah dengan air dingin, sehingga kotoran tidak masuk kembali ya.

2. Setrika wajah
Wah, yang satu ini kedengarannya ngeri ya. Tetapi jangan keburu membayangkan setrika yang sering dipakai melicinkan baju lho. Setrika khusus untuk wajah agak berbeda, tetapi konsepnya mirip. Dengan menggunakan tenaga uap yang diperoleh dari air di dalam alat tersebut, kemudian pipa mengeluarkan uap yang akan membuka pori-pori.

Setrika wajah ini biasa digunakan 10-15 menit sehingga dengan mudah pori-pori terbuka dan komedo atau jerawat dibantu dikeluarkan.

3. Herbal steaming
Steaming yang satu ini juga termasuk steaming tradisional. Caranya adalah dengan merebus beberapa bahan jamu-jamuan yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Kemudian setelah mendidih, diangkat dan digunakan uapnya untuk menguapi wajah.

Cara yang satu ini kabarnya ampuh mengatasi problem jerawat dan kulit berminyak. Semua bahan herbalnya akan memberikan perawatan langsung ke pori-pori.

4. Steaming wajah air hangat
Dengan memanfaatkan media air hangat, steaming yang satu ini adalah jenis steaming tradisional. Menggunakan uap yang keluar dari air untuk menguapi wajah, atau sesekali menggunakan handuk untuk membuka pori-pori.

Hindari melakukan steaming terlalu dekat dengan air, ambil jarak setidaknya 20-30 cm. Lakukan steaming 10-15 menit kemudian dapat melakukan pemencetan komedo dengan alat yang sudah disterilkan. Jangan lupa akhiri dengan membilas menggunakan air dingin sehingga pori-pori tertutup kembali.

D. Cara Melakukan Steam Wajah Sederhana Di Rumah
Bagi pemilik kulit wajah yang mudah berrminyak, steam bisa anda lakukan setiap hari. Sedangkan bagi yang memiliki jenis kulit kering, sebaiknya melakukan steam seminggu sekali. Sebelum melakukan perawatan steam, bersihkan wajah dari segala riasan dan kelebihan minyak dengan menggunakan sabun mild tanpa wewangian yang bisa membuat kulit teriritasi. Rebus sepanci air dan tambahkan irisan lemon atau minyak esensial seperti lavender, chamomile atau rosemary agar lebih banyak manfaat yang didapat.

Dekatkan wajah ke air panas tersebut. Jangan lupa meletakkan handuk di kepala belakang untuk mencegah uap air keluar. Hal ini baik untuk menjaga agar steam lebih efisien. Jangan lupa untuk menutup mata dan mulut saat melakukan perawatan ini. Lemon atau minyak esensial dalam air dapat membuat mata teriritasi.

Berdiamlah selama 15 hingga 20 menit hingga uap menghilang. Namun jangan melakukan perawatan ini lebih dari 20 menit. Untuk kulit sensitif, sebaiknya melakukan steam selama 10 hingga 15 menit saja. Setelah selesai perawatan steam, bersihkan wajah Anda dengan air dingin dan keringkan dengan handuk. Baca juga: Bahaya Memiliki Perut Buncit Pada Laki-Laki.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar