Cara Merawat Dan Menghilangkan Belang Di Wajah Secara Alami

RumahJerawat - Kulit belang atau gelap mungkin bukan masalah yang besar jika kalian memang memiliki warna kulit yang gelap, namun bagi yang memiliki kulit sawo matang sampai putih memiliki kulit yang belang adalah salah satu masalah besar apalagi jika anda tidak suka memakai make up saat beraktifitas diluar rumah. Kebanyakan belang di wajah disebabkan oleh paparan sinar matahari dan bekas luka, namun pada seseorang yang menginjak usia baya belang diwajah sering kali disebabkan oleh hormon.
A. Penyebab Belang Di Kulit Wajah
Penyebab warna kulit tidak merata ada beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor eksternal atau luar seperti terpapar sinar matahari atau ada penyakit kulit. Sedangkan faktor internal misalnya adalah status nutrisi, faktor genetik atau ada kelainan pigmentasi bawaan. Kondisi ini bisa juga disebabkan karena adanya kelainan metabolisme dalam tubuh seseorang.
1. Luka
Munculnya warna lebih gelap pada kulit bisa juga diakibatkan oleh cedera atau luka. Kulit lecet, terbakar, infeksi, jerawat, dan luka lainnya bisa menyebabkan kulit kehilangan pigmennya. Beruntung, kulit belang yang diakibatkan luka tidak bersifat permanen alias bisa disembuhkan. Namun, untuk mengembalikan hingga warna semula membutuhkan waktu yang tidak singkat.

2. Albino
Hipopigmentasi lainnya yang bisa menyebabkan kulit seseorang menjadi belang adalah albino. Ini adalah kondisi langka di mana seseorang terlahir tanpa memiliki enzim penghasil melanin yang merupakan pemberi warna kulit.

3. Vitiligo
Jika dua gangguan di atas dikategorikan hiperpigmentasi yang berarti adanya produksi pigmen atau warna kulit secara berlebih, maka vitiligo sebaliknya. Vitiligo terjadi karena kurangnya produksi warna kulit atau hipopigmentasi. Masalah kulit jenis ini muncul berupa bintik-bintik putih yang teraba halus pada permukaan kulit. Kulit belang akibat vitiligo disebabkan oleh rusaknya sel-sel produsen pigmen kulit karena gangguan autoimun. Vitiligo dinyatakan belum ada obatnya.

4. Lentigo surya
Lentigo surya atau biasa disebut bintik matahari adalah perubahan warna kulit di daerah yang sering bersentuhan langsung dengan sinar matahari dalam waktu yang lama. Kulit belang yang satu ini sering sekali menyerang tangan, wajah, bahu, punggung atas, dan pungung telapak kaki.

5. Melasma
Kulit yang berwarna kecokelatan, bintik-bintik hijau atau abu-abu di wajah, bisa jadi itu adalah melasma. Masalah kulit ini biasa diderita para perempuan usia 20 tahun hingga paruh baya. Perempuan yang sedang hamil juga biasa terkena perbedaan warna kulit akibat melasma. Melasma diyakini memiliki kaitan kuat dengan perubahan hormon pada tubuh perempuan dan paparan ultra violet dari sinar matahari.

6. Faktor lain
Tumbuhnya kulit belang baik berupa hiperpigmentasi maupun hipopigmentasi bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor selain di atas. Untuk kulit belang hiperpigmentasi, juga bisa disebabkan oleh pemakaian obat tertentu seperti minosiklin. Penyakit endokrin seperti penyakit Addison dan kondisi hemokromatosis alias kelebihan zat besi dalam tubuh, perubahan hormon saat menginjak masa menopaus juga menyebabkan hiperpigmentasi.

B. Cara Merawat Kulit Yang Belang
Saat muncul kulit belang diwajah anda disarankan untuk melakukan beberapa perawatan kulit sederhana berikut ini, selain dapat menyegarkan kulit, perawatan berikut juga dapat membantu memudarkan kulit yang belang.
1. Makanan sumber vitamin
Makanan-makanan sehat yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E bisa membantu kulit lebih cepat pulih dari pigmentasi/ belang. Selain itu bisa menjadikan kulit lebih cerah dan bercahaya dari dalam. Sumber vitamin-vitamin kulit ini bisa diperoleh dari buah-buahan serta sayuran berwarna merah, kuning, dan hijau.

2. Melakukan eksfoliasi
Eksfoliasi alias pengelupasan sel kulit mati bisa membantu regenerasi, menggantikan kulit yang gelap dengan kulit baru yang lebih sehat dan indah. Lakukan scrubbing dengan produk jadi yang bisa dibeli dipasaran atau membuat sendiri dengan bahan alami.

3. Oleskan lulur pencerah alami
Kulit kaki, tangan, wajah, dan leher yang terekspos sinar matahari juga tidak luput dari pigmentasi. Karena itu pulihkan kembali kondisinya seperti semula dengan lulur-lulur dari bahan alami sebelum anda mandi di sore hari.

4. Aplikasikan masker pendingin dan pencerah wajah
Masker yang mengandung bahan penyejuk dan pencerah kulit bisa membantu memulihkan kondisi kulit yang belang dari luar. Pilih yang mengandung astringent atau penyegar alami dan ramah di kulit wajah yang cenderung lebih sensitif.

C. Cara Menghilangkan Belang Di Wajah Secara Alami
Berikut beberapa resep masker wajah alami yang bisa diterapkan dirumah untuk menghilangkan belang di kulit wajah atau kulit bagian tubuh anda lainnya.
1. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki begitu banyak sifat medis dan juga baik untuk kulit. Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah, Anda dapat memotong dan membuka daunnya, dan kemudian mengambil gel di dalamnya, lalu menaruhnya di wajah Anda. Gel ini bertindak sebagai agen pendingin untuk kulit yang terbakar serta menghilangkan sisa kecokelatan pada kulit Anda.

2. Bawang Putih
Bawang putih ternyata efektif untuk mencerahkan lutut atau siku yang gelap. Ambil satu siung bawang putih. Parut hingga menjadi lembut. Oleskan pada kulit lutut dan gosokkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas dengan air hingga bau tajam bawang merah menghilang. Untuk penggunaan pada wajah campurkan dengan minyak alami agar tidak menimbulkan rasa terbakar.

3. Pepaya dan madu
Tumbuk pepaya hingga halus atau masukkan ke dalam blender. Campur dengan madu dan kemudian oleskan secara merata pada kulit. Ini bisa menjadi sedikit lengket pada awalnya, tetapi Anda akan segera terbiasa dengan itu. Anda dapat membiarkannya semalam atau mencucinya setelah Anda telah mendiamkannya selama beberapa jam. Masker ini tidak hanya mengatasi kulit belang, tetapi juga membuat kulit jadi lebih lembut dan berkilau.

4. Mentimun
Blender satu mentimun. Campur jus dengan ¼ cangkir gliserin, ¼ cangkir air mawar, dan aduk semuanya dengan baik. Kemudian terapakan pada kulit, lakukan tiga kali sehari.

5. Kunyit dan air
Buatlah pasta dengan mencampur air jeruk nipis, bubuk kunyit dan air. Kemudian oleskan merata pada wajah dan biarkan selama beberapa menit. Jeruk nipis dan kunyit memberikan efek pemutihan pada kulit. Kunyit juga merupakan agen anti-bakteri yang baik untuk kulit. Gunakan pelembap setelah Anda menggunakan masker ini.

6. Yogurt
Campur satu sendok makan yogurt dengan beberapa tetes jeruk nipis. Aduk rata dan oleskan merata ke seluruh wajah. Anda dapat membiarkannya untuk waktu yang lama atau Anda dapat memijat wajah Anda selama beberapa menit setelah Anda mengoleskannya.

Air jeruk nipis dapat bertindak sebagai pemutih alami dan yogurt dapat melembapkan dan menenangkan kulit. Lakukan perawatan ini selama beberapa hari dan Anda akan mulai melihat hasilnya. Setelah satu atau dua minggu, Anda tidak hanya akan mendapatkan warna asli kulit wajah Anda, tetapi juga memiliki kulit yang lebih lembut dan bersinar. Baca juga: Penyebab Ketombe Parah Dan Berlebihan Yang Perlu Di Waspadai.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar