Propionibacterium Acne: Jenis Bakteri Penyebab Jerawat Dan Cara Mengobatinya

Propionibacterium Acne: Jenis Bakteri Penyebab Jerawat - Salah satu penyebab utama munculnya jerawat adalah adanya bakteri, bakteri pernyebab jerawat tersebut dapat hidup dan berkembang didalam pori-pori kulit, terutama kulit yang berminyak. Bakteri yang berukuran kecil ini menempel ke kulit melalui udara yang kotor, bakteri yang hidup dan berkembang dalam pori-pori dapat memicu imun tubuh untuk lebih aktif yang pada akhirnya mengakibatkan terjadinya jerawat yang meradang dan sakit saat disentuh.

Apakah bakteri jerawat dapat menular? banyak para ahli berpendapat bahwa bakteri penyebab jerawat bisa terdapat pada segala jenis kulit begitu juga kulit yang sehat, namun untuk dapat tumbuh dan berkembang bakteri tersebut memerlukan syarat-syarat tertentu seperti adanya penyumbatan pori-pori, produksi minyak kulit berlebih, dan kondisi kulit yang selalu kotor.

A. Tentang Propionibacterium Acne
Propionibacterium Acne merupakan jenis bakteri penyebab jerawat yang memiliki pertumbuhan yang lambat, hidup secara anaerob atau tanpa oksigen dan tergolong dalam bakteri gram positif, bakteri ini dapat mengakibatkan peradangan yang parah karena saat bakteri ini hidup dan berkembang didalam pori-pori yang tertutup, bakteri ini menghasikan enzim yang dapat merusak sel dan protein kulit sehingga mengaktifkan sistem imun tubuh manusia.

B. Cara Mengobati Jerawat Yang Disebabkan Bakteri
Jerawat ringan yang disebabkan oleh bakteri biasanya dapat hilang dengan sendirinya, namun jika jerawat yang disebabkan oleh bakteri memiliki kondisi yang parah anda dapat menggunakan antibiotik untuk mengatasinya, antibiotik jerawat dapat berupa krim atau gel oles, pil yang diminum, atau juga obat yang disuntikkan.

Untuk mengetahui secara spesifik jenis bakteri apa yang menyebabkan jerawat, anda bisa melakukan tes laboratorium sehingga anda bisa memilih antibiotik spesifik yang langsung dapat membunuh bakteri penyebab jerawat anda, namun jika anda masih belum mengetahui jenis bakteri apa yang menyerang kulit anda maka bisa menggunakan antibiotik berspektrum luas atau antibiotik yang dapat bekerja terhadap banyak bakteri.

C. Cara Alami Mengobati Jerawat Yang Disebabkan Bakteri
Selain menggunakan krim atau pil antibiotik, anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang memang memiliki kandungan zat antibiotik didalamnya.
1. Garam Laut
Garam laut merupakan bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat, mampu membunuh bakteri dan menutrisi kulit karena garam dapur kaya akan mineral seperti zinc, magnesium, yodium, kalsium, seng, dan klorin. Campurkan garam laut pada air hangat kemudian gunakan sebagai masker wajar, biarkan selama 15-20 menit sambil digosok-gosok pelan, kemudian cuci sampai bersih. Bila anda memiliki jerawat di punggung anda juga bisa berendam pada air yang telah dicampur garam atau bisa langsung mandi dipantai.

2. Teh Hijau
Antibiotik alami pada teh dapat mengurangi koloni bakteri P. Acne. tanin pada teh juga membantu mengurangi pembengkakan pada jerawat. Seduh teh hijau sampai cukup kental, tunggu sampai tidak terlalu panas kemudian aplikasikan pada kulit yang berjerawat dengan menggunakan bola kapas, biarkan selama 20 menit kemudian cuci sampai bersih. Lakukan cara ini 1-2 kali dalam sehari.

3. Lemon
Lemon memiliki kandungan astrigen yang merupakan komponen alami pada lemon yang dapat bersifat antibakteri, selain itu lemon juga dapat membersihkan minyak dikulit yang berlebih dan memudarkan noda hitam dikulit akibat bekas jerawat. Siapkan satu buah lemon segar kemudian potong menjadi dua bagian, peras kedalam mangkong, dan gunakan bola kapas untuk meratakan perasan lemon pada kulit yang berjerawat, biasanya anda akan merasakan gatal dan perih saat memakainya, jika anda tidak kuat bisa menambahkan sedikit air pada air perasan jeruk.

4. Madu
Garam laut dan madu memiliki sifat osmotik, dimana saat dalam konsentrasi tinggi madu dapat menyerap air yang berada didalam sel bakteri sehingga bakteri tidak dapat hidup. Madu dapat digunakan sebagai scrub, masker maupun ditambahkan dalam menu diet harian. Oleskan madu asli pada kulit berjerawat dan biarkan selama 30 menit, cuci dengan air bersih dan keringkan. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Baca juga: Masker Teh Hijau Untuk Menghilangkan Jerawat.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar