Manfaat Dan Kandungan Pepaya Untuk Menghilangkan Jerawat

Manfaat Dan Kandungan Pepaya Untuk Menghilangkan Jerawat: Masalah jerawat tidak hanya menyerang pada mereka yang memilki kulit berminyak, bagi mereka yang memiliki kulit kering, normal, kombinasi, atau sensitif pun banyak yang memiliki jerawat, faktor lain seperti perawatan yang kurang tepat, hormon, keturunan, dan make up pun juga berpengaruh terhadap masalah jerawat.

Beragam perawatan bisa dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat dan salah satunya adalah memakai bahan alami, pepaya merupakan salah satu bahan alami yang paling banyak direkomendasikan oleh para ahli kecantikan, kandungan enzim didalamnya terkenal dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan mempercepat penyembuhanya luka jerawat.
Pepaya Untuk Menghilangkan Jerawat

A. Manfaat Dan Kandungan Pepaya Untuk Jerawat
Pepaya terkenal akan beberapa enzimnya seperti lycopene, papain, kitinase, dan chymopapain, keempat enzim tersebut dapat berguna untuk melembutkan, dan memutihkan kulit, antioksidan, dapat membersihkan minyak kulit penyebab tersumbatnya pori-pori, melawan bakteri dan jamur, serta membantu mengatasi jerawat yang meradang, Selain enzim tersebut pepaya juga terkenal akan kandungan nutrisi di dalamnya, seperti vitamin A, C, B5, serta beberapa jenis mineral penting berupa magnesium, kalium, dan tembaga.

B. Cara Menggunakan Pepaya Untuk Menghilangkan Jerawat
Berikut beberapa cara umum penggunaan pepaya untuk menghilangkan jerawat:
1. Bubuk Pepaya 
Cara yang paling mudah dan tidak ribet adalah dengan menggunakan bubuk pepaya, anda bisa membelinya di toko kecantikan atau di toko online, cukup dengan dicampurkan air dan diaduk sampai menjadi pasta, gunakan sebagai masker terutama pada kulit yang terdapat jerawat, biarkan selama 20-30 menis, bersihkan dengan menggunakan air hangat dan keringkan, gunakan cara ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

2. Pepaya Segar
Apabila tidak mendapatkan bubuk pepaya kalian bisa menggunakan pepaya segar, cara ini lebih efektif karena nutrisi dan enzim yang terkandung didalam tidak rusak oleh proses pengolahan, namun jika anda pertama kali menggunakan maka untuk mencobanya sedikit pada bagian yang terdapat jerawat untuk mengetahui apakah kulit anda alergi atau tidak.

Siapkan potongan daging pepaya matang secukupnya, lembutkan dan aplikasikan pada wajah sebagai masker, biarkan selama 20-30 menit, kemudian cuci sampai bersih, lakukan cara ini 1-2 kali dalam seminggu.

3. Mengkonsumsi Pepaya
Selain menggunakanya sebagai masker anda juga dapat memasukkan buah pepaya kedalam menu diet harian, bisa langsung dimakan atau dibuat jus, komsumsi buah pepaya tiap pagi hari untuk mendapatkan hasil maksimal, kandungan nutrisi dan enzimnya juga sangat baik bagi kesehatan pencernaan.

4. Sabun Pepaya
Sabun wajah pepaya juga bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat, gunakan sesuai petunjuk penggunaan yang tertera pada produk untuk mendapatkan hasil terbaik.

C. Cara Mendapatkan Hasil Maksimal Dari Pepaya Untuk Menghilangkan Jerawat
Jika anda menghilangkan jerawat hanya dengan menggunakan pepaya saja berarti anda salah besar, walaupun saat menggunakan pepaya jerawat anda mulai terlihat membaik namun tidak bisa sembuh secara tuntas, karena jerawat sendiri muncul akibat beragam faktor kecuali anda mengetahui penyebab utama munculnya jerawat tersebut. Sebaiknya saat anda melakukan perawatan wajah dengan pepaya dibarengi dengan beberapa perawatan lainnya seperti berikut:
  • Menghindari stres
  • Mengkonsumsi obat jerawat
  • Olah raga Teratur
  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Hindari stres
  • Gunakan make up tanpa kandungan lemak
  • Dan mengkonsumsi suplemen yang dapat mengatasi jerawat seperti vitamin A, B dan mineral Zinc.
D. Peringatan
  • Pada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif pepaya segar dapat menyebabkan kulit gatal-gatal dan ruam, maka terlebih dahulu coba sedikit pada bagian kulit wajah anda.
  • Jika selama 2-4 minggu anda menggunakan masker jerawat namun tidak mendapatkan hasil maka segera konsultasikan pada dokter spesialis.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar