Jenis Hormon Penyebab Jerawat Dan Cara Menstabilkannya

Jenis Hormon Penyebab Jerawat Dan Cara Menstabilkannya: Kalian pasti pernah mendengar bahwa salah satu penyebab utama munculnya jerawat adalah hormon, tapi tahukah kalian jenis hormon apa yang benar-benar dapat menyebabkan munculnya jerawat?. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai jenis-jenis hormon penyebab munculnya jerawat dan bagaimana cara menstabilkanya.

A. Jenis Hormon Penyebab Jerawat
Hormon merupakan zat kimia yang diproduksi tubuh dan dilepaskan kedalam darah, dapat mempengaruhi bagian tubuh tertentu tergantung jenis hormon yang diproduksi, beberapa jenis hormon dapat menyebabkan munculnya jerawat dikarenakan hormon tersebut memicu kelenjar sebasea/ kelenjar minyak untuk lebih banyak memproduksi minyak kulit, dan minyak kulit inilah yang dapat mengakibatkan tertutupnya pori-pori kulit sehingga terbentuklah jerawat.
1. Hormon Pubertas
Hormon pubertas sudah banyak dikenal oleh banyak parah ahli dan masyarakat umum karena dapat menyebabkan munculnya jerawat, saat masa pubertas pada tubuh wanita akan menghasilkan hormon berupa estrogen dan progesteron, sedangkan pada pria dikenal dengan hormon testosteron, hormon-hormon tersebut juga sering disebut sebagai hormon kedewasaan, dimana hormon tersebut dapat memicu pertumbuhan alat reproduksi pada manusia.
Hormon Penyebab Jerawat

2. Hormon Insulin
Hormon insulin merupakan salah satu hormon dalam tubuh yang memiliki peranan sangat penting, berfungsi sebagai pengatur kadar gula tubuh, saat anda selesai mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar glukosa atau gula maka tubuh akan segera memproduksi hormon insulin untuk mengatur kadar gula didalam tubuh. Insulin dibutuhkan tubuh untuk mengekstrak glukosa menjadi energi agar bisa langsung digunakan oleh sel tubuh.

3. Hormon Kortisol
Hormon kortisol lebih sering disebut dengan hormon stres, hormon ini diproduksi tubuh karena adanya respon terhadap stres, walaupun bekerja secara lambat hormon ini dapat menekan sistem imun tubuh, meningkatkan tekanan darah, dan gula darah.

4. Hormon Melatonin
Hormon melatonin merupan hormon yang diproduksi oleh otak, berperan penting dalam proses fisiologi tubuh manusia, seperti mengontrol tidur, produksi enzim antioksidan, tekanan darah, mengurangi stres pada kulit, dan mengurangi efek hormon testosteron.

B, Cara Menstabilkan Hormon Penyebab Jerawat
1. Cara Menstabilkan Hormon Pubertas
Untuk menetralkan hormon pubertas anda bisa melakukan perawatan berbasis hormon, namun kebanyakan orang lebih memilih menghindari makanan berkarbohidrat tinggi, karena saat kadar gula darah tinggi ovarium dan testis akan lebih aktif untuk memproduksi hormon pubertas.

2. Cara Menstabilkan Hormon Insulin
Cara untuk menstabilkan hormon insulin sangatlah mudah, cara paling mudah adalah dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi dan makanan manis, atau jika anda tidak bisa melakukanya anda bisa melakukan olahraga secara teratur agar gula darah didalam tubuh anda cepat terbakar dan normal.

3. Cara Menstabilkan Hormon Kortisol
Untuk menetralkan hormon ini anda cukup melakukan olah raga secara rajin, mengkonsumsi makanan sehat, tidur dengan cukup, serta menghindari kegiatan yang dapat membuat anda semaki stres.

4. Cara Menstabilkan Hormon Melatonin
Saat tidur usahakan untuk mematikan lampu kamar, Otak akan berhenti meproduksi melatonin saat mata menginduksi sinar, walaupun sinar yang terlihat saat mata tertutup juga dapat mempengaruhi produksi melatonin. Usahakan tidur dalam ruangan gelap untuk memberi kesempatan otak memproduksi melatonin, selain itu tidur dalam ruangan gelap dapat membuat tubuh lebih sedikit memproduksi hormon stres. Baca juga: Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Yang Membandel.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar