Cara Menghilangkan Jerawat Di sekitar Bibir Dan Mulut

Cara Menghilangkan Jerawat Di sekitar Bibir Dan Mulut: Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai cara menghilangkan jerawat batu, pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang jerawat yang tumbuh di sekitar bibir: penyebab munculnya jerawat di bibir, cara menghilangkan jerawat di bibir, dan tips menghindari munculnya jerawat di bibir.

Jerawat adalah masalah kulit paling kompleks, disebabkan oleh banyak faktor dan cara menghilangkanya pun membutuhkan kesabaran tersendiri. Jerawat yang muncul dibagian wajah seperti pipi, dagu, dan dahi mungkin tidak terlalu bermasalah namun jika jerawat muncul di bagian tertentu seperti sekitar bibir dan mulut, didalam hidung, atau ditelinga pastinya sangat menjengkelkan.

Jerawat yang muncul di sekitar bibir seringkali membuat diri kita merasa tidak nyaman, saat kita bicara, saat makan, atau saat kita tidak sengaja menggerakkan bibir, kita akan merasakan rasa sakit yang disebabkan oleh jerawat tersebut. Sebelum anda mencoba menghilangkan jerawat disekitar bibir coba terlebih dahulu untuk membaca ulasan berikut ini:

A. Penyebab Munculnya Jerawat Di Sekitar Bibir
1. Hormonal
Hormon tubuh juga sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat, kondisi hormon tubuh seperti insulin, testosteron, estrogen, progesteron, dan hormon stres yang tidak stabil mengakibatkan kelenjar sebasea lebih banyak memproduksi sebum (minyak kulit) yang pada akhirnya dapat mengakibatkan tertutupnya pori-pori kulit.

2. Jenis Kulit
Jenis kuit juga sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat disekitar bibir, mereka yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih rentan terkena jerawat dibandingkan dengan orang yang memiliki jenis kulit normal ataupun jenis kulit kering.

3. Lipstik Murah
Lipstik murah seperti lip balm atau lip gloss dapat memicu munculnya jerawat dibibir, kandungan bahan kimia dalam lipstik murah dapat menembus kulit bibir dan mengakibatkan kerusakan yang pada akhirnya dapat memicu munculnya jerawat, selain itu pada beberapa lipstik murah juga mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan alergi pada kulit.

4. Make Up Kadaluwarsa
Sebelum anda menggunakan make up coba perhatikan terlebih dulu tanggal pembuatan dan tanggal kadaluwarsa, hal ini untuk mencegah bibir dan kulit sekitar bibir terjadi kerusakan dan penyumbatan pori-pori oleh make up yang telah kadaluwarsa.

5. Tanda Penyakit
Salah satu gejala penyakit herpes adalah munculnya jerawat dibibir, penyakit ini disebabkan oleh virus dan menular dari satu orang keorang lain dengan cara kontak langsung. Namun penyakit ini juga dapat menular melalui pakaian, handuk, ataupun alat mandi.

6. Pasta Gigi
Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa kandungan fluoride dalam pasta gigi jika bersentuhan dengan kulit dapat mengakibatkan reaksi buruk dan menyebabkan timbulnya jerawat.

7. Kebiasaan Buruk
Kebiasaan yang buruk juga sangat berpengaruk terhadap kesehatan kulit, merokok dan kurang menjaga kebersihan kulit dapat mengakibatkan tumbuhnya jeawat.

B. Cara Menghilangkan Jerawat Di Sekitar Bibir
1. Obat Jerawat
Jika anda ingin mengobati jerawat tanpa susah melakukan banyak hal, maka obat jerawat bisa menjadi pilihan yang utama, umumnya obat jerawat yang dijual bebas berupa krim oles dan pil yang ditelan, mengandung beragam senyawa aktif seperti  antibiotik, vitamin A, Zinc, omega-3, dan sebagainya. baca: Nama dan jenis obat jerawat.

2. Bahan Alami
Jika anda tidak ingin membuang banyak uang, maka cara alternatif bisa anda pilih, seperti menggunakan jeruk nipis, baking soda, garam, madu, teh hijau, kentang, bawang putih, lidah buaya, dan tomat (klik pada nama bahan untuk mengetahui informasi lebih lanjut).

3. Perawatan Jerawat
Anda bisa melakukan perawatan wajah diklinik kecantik ataupun melakukanya sendiri dirumah, perawatan seperti chemical peeling, scrub wajah, facial, laser, dan suntik steroid bisa anda jalani tergantung kondisi jerawat anda.

C. Tips Menghindari Munculnya Jerawat Di Bibir
  • Setelah makan dan minum pastikan untuk membersihkan bibir dan kulit sekitar mulut, hal ini untuk menghindari sisa makanan seperti minyak yang menempel.
  • Ganti semua make up yang anda pakai seperti lipstik, bedak, cleanser, dan pasta gigi yang diduga menjadi penyebab utama anda terkena jerawat.
  • Hindari memencet jerawat agar bakteri yang ada didalam jerawat tidak menyebar kebagian kulit lainnya.
  • Gunakan make up terutama pelembab yang tidak mengandung minyak, pelembab juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit agar tidak mudah kering dan dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.
  • Jaga selalu kebersihan barang-barang yang selalu bersentuhan dengan wajah seperti handuk, bantal, helm, krudung, dan masker.
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang baik untuk wajah, terutama makanan yang banyak mengandung vitamin A, B, C, dan E, tinggi mineral zinc, omega-3, dan selenium.
Jika kondisi jerawat anda parah maka segeralah konsultasikan pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Baca juga: 7 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Jerawat Meradang.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar