Ampuh Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cepat

Ampuh Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cepat: Apa sih jerawat batu itu? mungkin kalian semua sudah paham karakteristik jerawat yang satu ini, berbeda dengan jenis jerawat yang lainnya, pada jerawat batu memiliki ukuran yang besar, sakit saat dipegang, tidak memiliki mata, dan untuk sembuh membutuhkan waktu yang sangat lama lebih-lebih bisa sampai satu bulan jika ukuranya sangat besar.

Jerawat batu atau yang lebih dikenal sebagai cystic acne, merupakan jenis jerawat yang lebih sering muncul pada remaja yang mengalami pubertas, namun jerawat batu juga bisa muncul pada anak-anak ataupun orang dewasa karena faktor keturunan. Pada remaja pria yang memasuki masa pubertas faktor utama yang menyebabkan munculnya jerawat ini adalah hormon testosteron, hormon ini menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak minyak yang berakibat tertutupnya pori-pori. Sedangkan pada wanita hormon yang berpengaruh adalah hormon estrogen dan progesteron. Baca: Jenis Hormon Penyebab Jerawat Dan Cara Menstabilkannya.

A. Proses Terbentuknya Jerawat Batu
Jerawat batu terbentuk karena pori-pori kulit tersumbat oleh kulit mati, sebum, dan bakteri. kemudian bakteri yang terperangkap didalam pori-pori kulit hidup dan berkembang biak mengakibatkan imun tubuh untuk bekerja membunuh bakteri tersebut, pada proses ini kulit akan membengkak dan memerah.

Jerawat batu terbentuk saat bakteri menginfeksi kulit lebih dalam sehingga mengakibatkan rasa sakit saat dipegang. dan jika jerawat meletus dan nanah didalamnya keluar dapat mengakibatkan bakteri menyebar kebagian kulit lainya dan akan terbentuk jerawat baru di sekitar jerawat yang lama. Jerawat batu bisa muncul dibeberapa tempat seperti wajah, punggung, dada, lengan, maupun pundak.

B. Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cepat
Dari beragam obat untuk menghilangkan jerawat batu, dokter umumnya akan merekomendasikan penggunaan obat antibiotik, obat antibiotik dapat menghambat dan membunuh bakteri, selain itu antibiotik juga dapat mengurangi peradangan. Tes laboratorium perlu dilakukan untuk mengetahui jenis bakteri apa yang menyebabkan timbulnya jerawat, sehingga dokter akan memberikan antibiotik yang tepat sesuai jenis bakteri penyebab jerawat, namun jika belum mengetahui jenis bakteri apa yang menyebabkan timbulnya jerawat, penggunaaan antibiotik berspektrum luas bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Anda bisa menggunakan obat antibiotik baik secara oral atau telan maupun secara topical atau oles langsung pada permukaan jerawat, untuk mendapatkan hasil yang cepat anda bisa menggunakan kedua cara tersebut secara bersamaan. Untuk mengetahui lebih jelas tentang obat jerawat baca: Nama Dan Jenis Obat Untuk Menghilangkan Jerawat.

C. Perawatan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Batu
Selain menggunakan obat-obatan kimia, anda juga bisa melakukan perawatan sederhana yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat batu.
1. Es Batu
Es batu dapat mengurangi kemerahan dan bengkak yang disebabkan oleh jerawat, anda bisa menempelkan es batu langsung diatas jerawat atau membalutnya terlebih dahulu menggunakan kain bersih.

2. Hindari Memencet Jerawat
Memencet jerawat mungkin sudah menjadi kebiasaan anda, namun jika anda memiliki jerawat batu pastikan untuk tidak memencetnya, jerawat batu tidak sama dengan jerawat biasa lainya, saat dipencet jerawat batu akan menjadi lebih meradang dan ukuranya akan membesar, selain itu jerawat akan lebih lama untuk sembuh.

3. Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Jerawat
Hindari makanan penyebab jerawat seperti gula, susu, makanan berlemak, dan makanan dengan karbohidrat tinggi, dan mulai pilih lah makanan yang baik untuk jerawat. Makanan yang baik untuk jerawat biasanya mengandung nutrisi penting seperti zinc, vitamin A, C, dan E, omega-3, dan selenium. Baca: Jenis Makanan Yang Dapat Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat.

4. Tidur
Dengan tidur yang cukup dimalam hari dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda secara keseluruhan, terutama saat tidur dengan ruangan yang gelap tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon melatonin yang dapat mengurangi efek hormon testosteron, mengurangi stres pada kulit, dan dan menstabilkan tekanan darah.

5. Olahraga Teratur
Selain dapat menghilangkan stres, dengan berolahraga secara teratur tubuh akan mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh terutama racun yang terdapat pada kulit melalui keringat, namun yang perlu diperhatikan adalah saat anda selesai melakukan olahraga maka segeralah mandi untuk menjaga kulit agar tetap bersih baik dari kotoran maupun keringat yang menempel.

6. Melakukan Perawat kulit Secara Teratur
Berbagai perawatan kulit sederhana perlu anda jalani, lakukan cuci wajah minimal dua kali dalam sehari terutama pada malam saat mau tidur dan pagi hari setelah bangun, chemical peeling atau scrub wajah 1-3 kali dalam seminggu, dan konsumsi suplemen yang baik untuk kulit seprti zinc, minyak ikan, probiotik, calsium, dan vitamin B komplek. Baca juga: 7 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Jerawat Meradang.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar