Menghilangkan Jerawat Dengan Baking Soda, Manfaat Dan Efek Samping

Menghilangkan Jerawat Dengan Baking Soda: Baking soda (bubuk soda kue) yang merupakan salah satu bahan kimia yang sering digunakan dalam membuat kue ternyata memiliki salah satu kegunaan yang mungkin belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang, kegunaan ini yakni untuk menghilangkan jerawat di kulit.

Menghilangkan jerawat dengan baking soda mungkin bukanlah hal yang lazim untuk dilakukan, banyak sekali cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi jerawat mulai dari obat jerawat yang bisa dibeli diapotek sampai dengan menggunakan bahan alami, namun baking soda juga salah satu alternatif yang perlu kalian coba.

A. Tentang baking soda
Baking soda atau yang sering dikenal bubuk soda kue merupakan bahan kimia yang digunakan untuk membuat kue agar lebih mengembang. Baking soda mengandung 100% senyawa natrium bikarbonat, senyawa ini apabila bertemu dengan asam akan mengakibatkan reaksi dan saat terjadinya reaksi tersebut akan menghasilkan gelembung gas karbon dioksida dalam adonan kue, sehingga mengakibatkan adonan kue menjadi mengembang.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Baking Soda

B. Manfaat Baking Soda Untuk Jerawat
Selain untuk mengembangkan adonan kue ternyata baking soda juga memiliki beragam manfaat dan kegunaan, mulai dari mengatasi masalah jerawat, menghilangkan bau badan, mengatasi iritasi akibat gigitan serangga, pemutih gigi dan sebagainya. Berikut beberapa poin penting kenapa baking soda dapat menghilangkan jerawat:
  • Dalam hal menghilangkan jerawat, baking soda yang merupakan senyawa amfoter (bisa bersifat asam dan basa) mampu menetralkan kondisi pH kulit, saat pH kulit tidak seimbang maka jerawat akan mudah tumbuh. Apablia anda memiliki kondisi kulit sensitif maka penggunaan baking soda adalah cara yang tepat, karena sebagian besar penyebab iritasi kulit bersifat asam.
  • Baking soda dapat menenangkan dan menghilangkan minyak wajah penyebab jerawat, memiliki kandungan anti bakteri dan anti peradangan didalamnya sehingga jerawat akan dengan cepat mengecil.
  • Kandungan natrium dalam baking soda dapat mempercepat proses pengelupasan kulit, sehingga cocok digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.
C. Cara Menggunakan Baking Soda Untuk Menghilangkan Jerawat
Penggunaan baking soda untuk menghilangkan jerawat sangatlah mudah, ada beberapa cara yang bisa kalian coba seperti berikut ini:
1. Baking soda dan air
  • Campur dua sendok makan baking soda dan dua sendok makan air bersih, aduk sampai menjadi pasta.
  • Cuci terlebih dahulu wajah anda sampai besih kemudian keringkan.
  • Coba sedikit terlebih dahulu pasta baking soda pada kulit yang berjerawat 2-5 menit untuk mengetahui apakah kulit akan menampakkan gejala negatif (seperti panas).
  • Jika tidak ada gejala negatif yang ditimbulkan maka segera lanjutkan dengan memberi seluruh kulit anda yang berjerawat dengan baking soda.
  • Biarkan sampai 15 menit kemudian cuci sampai bersih.
  • Jika kulit terasa kering maka kalian bisa menggunakan pelembab.
2. Baking soda, air, dan lemon
  • Campurkan dua sendok makan baking soda, tiga sendok makan air bersih, dan satu sendok teh air perasan lemon.
  • Cuci bersih wajah anda dan keringkan, setelah itu aplikasikan campuran baking soda diatas pada kulit wajah anda yang terdapat jerawat maupun bekasnya atau anda bisa menggunakanya pada seluruh kulit wajah sebagai masker.
  • Biarkan selama 10-15 menit kemudian cuci sampai bersih dan keringkan.
  • Gunakan pelembab agar kulit tidak tersa kering.
  • Lakukan cara ini maksimal dua kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.
Kalian juga bisa menambahkan bahan lain dalam campuran baking soda seperti madu, minyak zaitun, dan coconut oil.
D. Efek Samping Baking Soda 
Selain berbagai manfaat diatas ternyata baking soda juga memiliki efek samping jika kita menggunakanya secara asal.
  • Kulit sensitif, baking soda dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan lebih sensitif terhadap sinar matahari apabila anda menggunakanya terlalu lama.
  • Kulit terasa gatal, mungkin ini bukan efek yang terlalu buruk, saat anda menggunakan masker baking soda mungkin yang pertama anda rasakan adalah kulit menjadi gatal, namun jangan kawatir jika kulit anda tidak menunjukkan gejala alergi maka biarkan saja.
  • Merubah keseimbangan pH kulit, pH kulit normal adalah 5.5, saat anda menggunakan baking soda terlalu lama maka pH kulit menjadi 7, jika anda menggunakan baking soda terlalu sering dan dalam waktu yang lama dikawatirkan akan mengakibatkan mudah tumbuhnya jenis bakteri baru dan mengakibatkan munculnya jerawat baru.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar